CARI DUIT SEDIRI DIRUMAH

Minggu, 23 Oktober 2011

Telepon Satelit


Sekilas Tentang Telepon Satelit

Telepon satelit merupakan sebuah telepon dengan layanan berbasis Nir kabel yang menempatkan BTS (Base Transciever Station) -nya di di udara. dengan begitu, jangkauan area dari satu BTS bisa lebih lebar. sehingga telepon satelit ini tetap bisa digunakan di hutan, gunung, atau posisi pedalaman lain yang tidak terjangkau oleh Land BTS.

Telepon satelit ini bertujuan auntuk komunikasi atara 2 spot di daerah yang terpisah dimana 1 sopt atau keduanya berada di daerah pedalaman terpencil, seperti : pengeboran minyak lepas pantai, area pertambangan, pengeboran minyak dan lain lain.




Cara Kerja Telepon Satelit

Cara kerja telepon satelit sama dengan telepon saeluler kebanyakan, hanya saja arah link komunikasi nya berbeda. jika kita menggunakan telepon seluler maka ketika kita menekan nomor maka telepon genggam kita akan berkomunikasi dengan Land BTS terdekat untuk kemudian mencari arah nomer Outgoing call kita, sementara untuk komunikasi telepon satelit arah link komunikasinya adalah ketika selesai menekan no tujuan dan "call" maka kita akan terhubung dengan satelit terdekat untuk kemudian satelit tersebut akan melakukan pengecheckan terhadap nomor2 yang terdaftar di daerah jangkauannya, apabila tidak ada maka satelit tersebut akan berkomunikasi dengan satelit lain untuk mencari nomer yang dituju.

Jaringan Telepon Satelit

Jaringan telepon satelit diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yakni :

  • Geosynchronous (GEO) : Telepon satelit ini menggunakan satelit di orbit geosynchronous sehingga selalu berada di langit setiap saat. Sistem ini mampu mencakup dunia dengan tiga atau empat satelit sehingga biayanya lebih mahal terutama dalam pengadaannya. Satelit ini memiliki kekurangan yaitu adanya beberapa satelit yang rusak di daerah pegunungan dan tebing yang curam.Operator yang menggunakan jaringan ini antara lain:
  1. ACES menjangkau daerah Asia Timur dengan satu satelit besar sehingga biaya operasional lebih hemat dibanding operator lain
  2. Inmarsat operator telepon satelit tertua yang muncul pada tahun 1979. Operator ini menggunakan 9 satelit. Pertama kali ditujukan untuk digunakan dalam kapal. Cakupan tersedia di seluruh dunia kecuali daerah kutub
  3. Thuraya memiliki tiga satelit dan menjangkau wilayah Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia, dan Australia. Di Indonesia, izin penjualan di pegang langsung oleh PT SOG Indonesia
  4. MSAT/SkyTerra satelit Amerika yang mirip seperti Inmarsat namun menggunakan perangkat genggam seperti Thuraya namun khusus wilayah Amerika
  5. Terrestar telepon satelit di Amerika Utara
  6. ICO (Intermediate Circular Orbit) merupakan sistem konstelasi 10 satelit pada orbit bumi menengah (MEO - medium earth orbit), sekitar 10.355 kilometer dari permukaan bumi. Satelit-satelit ini akan berkomunikasi dengan 12 stasiun bumi yang berada di seluruh dunia dan dihubungkan dengan kabel berkapasitas tinggi. Salah satu stasiun bumi yang dinamai SAN (satellite access node) itu ada di Banyuurip, Gresik Jatim dan dioperasikan bersama PT Indosat. Menyediakan layanan suara, data, faksimile, dan pesan secara digital.
  • Low Earth Orbit (LEO) merupakan suatu satelit nirkabel yang tidak memiliki celah. Satelit ini terus menerus mengelilingi bumi dan memiliki orbit yang kecepatannya tinggi namun ketinggiannya rendah sehingga daya jangkaunya pun sempit. Untuk menjangkau suatu daerah, LEO harus mengorbitkan satu satelitnya sehingga biaya produksi tinggi dan mereka belum dapat beroperasi maksimal. Terdiri dari dua jenis yaitu:
  1. Globalstar perusahaan jaringan komuniasi satelit agresif yang akan mulai memberikan layanan di kawasan Amerika Utara melalui sebuah jaringan distributor. Distributor di Amerika Serikat merupakan perusahaan pertama yang menjual telepon genggam, perlengkapan dan layanan Globalstar. Operator ini menggunakan 48 satelit dan menyediakan layanan suara, data, dan faksimile.
  2. Iridium jaringan yang menjangkau seluruh permukaan bumi dengan 66 satelit dalam orbit kutub.
  3. Tracking mempunyai kemampuan melacak lokasi unit mobil dengan perhitungan pergeseran Doppler dari satelit.
  • Proposed System
  1. Teledesicperusahaan Bill Gates yang direncanakan umtuk membuat jangkauan interner dengan satelit namun akhirnya gagal.
  2. Ellipso merupakan perusahaan gabungan dengan ICO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar