CARI DUIT SEDIRI DIRUMAH

Senin, 24 Oktober 2011

Radio over Internet Protocol RoIP


Pendahuluan

Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan yang namanya RoIP. RoIP merupakan suatu teknolagi sistem komunikasi radio yang bekerja dengan standard VoIP dimana yang dapat di kontrol melalui software.
RoIP ini bekerja melalui suatu perangkat yang di sebut IP gateway sebagai jalur keluar masuk data informasi.

Sejarah

RoIP awalnya ditemukan oleh David Cameron seorang radio amatir yang berasal dari Van Couver, British Columbia. David tertarik untuk mengembangkan teknologi two-way radio. Pada tahun 1998, David membuat internet radio linking project (IRLP). Teknologi ini diyakinkan menciptakan kemudahan, sifatnya ekonomis, dan dapat diandalkan membantu para radio amatir seluruh dunia. Ternyata, proyek David telah mencapai hasil yang memuaskan dan sampai saat ini terus berkembang. Dewasa ini lebih dari 1000 lokasi di seluruh dunia telah menggunakan sistem RoIP. Teknologi RoIP sendiri dimulai pada tahun 2002 sebagai pemenuhan terhadap kebutuhan sistem jaringan penghubung dalam pasar komersil. Misalnya RoIP tidak digunakan pada perangkat komputer atau PC. Banyak industri telepon genggam yang menambah RoIP dalam fitur produknya. Sistem ini kebanyakan dirancang untuk segmen ponsel dengan sistem operasi Symbian. Nokia sendiri adalah pemasok terbesar Symbian yang menjadikan RoIP sebagai fitur pelengkap. Di Indonesia, perkembangan RoIP yang lebih dikenal dengan eQSO mulai muncul pada tanggal 12 Agustus 2002 dan diujicobakan pada tanggal 29 Oktober 2002.

Cara Kerja RoIP

Dari gambar disamping terlih
ar cara kerja RoIP. RoIP biasa digunakan untuk transmisi radio yang cukup jauh atau untuk mengatasi masalah LOS (Line Of Sight) yang sering menjadi kendala dalam komunikasi radio. Prinsip dasar cara kerja RoIP adalah pemancaran radio menggunakan standarVoIP. yaitu mengubah sinyal audio analog menjadi digital melalui LAN/WAN .Perangkat-perangkat dalam sistem ini sifatnya independen atau tidak saling bergantung. Suatu lembaga tidak terbatas komunikasinya pada sistem tunggal atau sistemekslusif radio. Perangkat yang digunakan tidak terbatas pada satu perangkat melainkan berbagai perangkat yang berbasis protokol internet (IP) atau gerbang yang dapat mengubahnya ke dalam bahasa IP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar